Follow by Email

Jumat, 09 September 2011

المدارس والمعاهد العلمية


المدارس والمعاهد العلمية
لم يكن المسجد في الماضي مكان عبادة فقط؛ بل كان مدرسة يتعلم فيها المسلمون القراءة والكتابة والقرآن وعلوم الشريعة، واللغة والعلوم المختلفة. ثم أقيم الكتاب بجانب المسجد، وخصص لتعليم القراءة والكتابة والقرآن، وشيء من علوم العربية.
كان الكتاب يشبه المدرسة الابتدائية في عصرنا الحاضر، وكان من الكثرة بحيث كان هناك نحو ثلاثمئة كتاب في المدينة الواحدة. وكان الكتاب الواحد يضم - أحيانا - مئات أو آلافا من الطلاب.

ثم قامت المدرسة بجانب الكتاب والمسجد، وكانت الدراسة فيها تشبه الدراسة الثانوية والعالية في عصرنا الحاضر، وكان التعليم فيها مجانا. ولم يكن التعليم فيها خاصا بطائفة من الناس، بل كان يجلس المدارس ابن الفقير بجانب ابن الغني، وابن التاجر بجانب ابن الصانع والمزارع. وكانت الدراسة فيها قسمين: قسما داخليا للغرباء أو الذين لا تساعدهم أحوالهم المادية، على أن يعيشوا على نفقات آبائهم، وقسما خارجيا لمن يريد أن يرجع في المساء إلى بيت أهله. وكان الطعام يقدم مجانا للطالب في القسم الداخلي، وفيه يعبد الله، ويطالع، وينام. وبذلك كانت كل مدرسة تحتوي على مسجد، وقاعات للدراسة، وغرف لنوم الطلاب، ومكتبة، ومطبخ وحمام. وكانت بعض المدارس تحتوي - فوق ذلك - على ملاعب للرياضة البدنية في الهواء الطلق.
وأفضل مثال لهذه المدارس الجامع الأزهر، فهو مسجد تقام فيه حلقات للدراسة، تحيط به من جهاته المتعددة غرف لسكن الطلاب تسمى بالأروقة، يسكنها طلاب كل بلد بجانب واحد، فهناك رواق للشاميين، ورواق للمغاربة، ورواق للأتراك، ورواق للسودانيين، وهكذا. ولا يزال طلاب الأزهر حتى اليوم، يأخذون رواتب شهرية مع دراستهم المجانية من ربح الأوقاف، التي أوقفت على طلاب العلم بالأزهر.
كان رؤساء المدارس من خيرة العلماء وأكثرهم شهرة. ولم يكن المدرسون في صدر الإسلام يأخذون أجرا على عملهم. وبعد أن اتسعت الحضارة، وبنيت المدارس، وأوقف لها الأوقاف، جعل للمدرسين فيها رواتب شهرية، تختلف كثرة وقلة بحسب البلاد والمدارس والأوقاف، ولكنها على كل حال كانت كافية، ليعيش المدرس حياة طيبة. ولم يكن يجلس للتدريس إلا من شهد له الشيوخ بالكفاءة. وقد كان النظام في عصر الإسلام الأول، أن يسمح الشيخ للتلميذ بالانفصال عن حلقة، وإنشاء حلقة خاصة، أو أن يعهد برئاسة الحلقة إليه بعد وفاته.
وكانت المدارس أنواعا؛ فمنها مدارس لتدريس القرآن الكريم وتفسيره وحفظه وقراءته، ومنها مدارس للحديث خاصة، ومنها - وهي أكثرها - مدارس للفقه، فقد كان لكل مذهب فقهي مدارس خاصة به، ومنها مدارس للطب، ومنها مدارس للأيتام. ويذكر النعيمي في كتابه (الدارس في تاريخ المدارس) - وهو من علماء القرن العاشر الهجري - أسماء مدارس دمشق، وفيها وحدها سبع مدارس للقرآن الكريم، وللحديث ست عشرة مدرسة، وللقرآن والحديث معا ثلاث مدارس، وللفقه الشافعي ثلاث وستون مدرسة، وللفقه الحنفي اثنتان وخمسون مدرسة، وللفقه المالكي أربع مدارس، وللفقه الحنبلي إحدى عشرة مدرسة، هذا غير مدارس الطب وغيره من العلوم.


Sekolah dan lembaga ilmiah

masjid itu bukan tempat ibadah di masa lalu saja; tetapi sebuah sekolah di mana umat Islam belajar membaca dan menulis Quran dan Syariah Ilmu, bahasa dan ilmu pengetahuan. Kemudian memegang buku berikutnya ke masjid, yang ditujukan untuk mengajar membaca, menulis, dan Quran, dan beberapa Science Arab.

Buku itu seperti sebuah sekolah dasar di zaman kita, dan itu begitu besar bahwa ada sekitar tiga ratus buku dalam satu kota. Buku ini mencakup satu - kadang - ratusan atau ribuan siswa.

Kemudian sekolah dan mesjid di sebelah buku, dan penelitian ini mirip dengan sekolah menengah dan tinggi di zaman kita, dan di mana pendidikan gratis. Itu bukan pendidikan khusus di mana berbagai orang, tapi dia duduk di samping sekolah aku miskin aku kaya, dan aku di sebelah dealer dan produsen peternakan. Penelitian ini dalam dua bagian: bagian orang asing atau orang yang memiliki kondisi fisik yang tidak membantu mereka, untuk hidup atas biaya orang tua mereka, dan bagian eksternal kepada mereka yang ingin kembali pada malam hari ke rumah keluarganya. Makanan diberikan secara gratis kepada siswa di asrama, dan menyembah Allah, dan membaca, dan tidur. Dan begitu juga sekolah masing-masing berisi sebuah masjid, dan ruang belajar, dan kamar untuk asrama mahasiswa, perpustakaan, dapur dan kamar mandi. Beberapa sekolah termasuk - di atas itu - atas dasar latihan fisik di udara terbuka.

Contoh terbaik dari sekolah ini Al-Azhar masjid, adalah sebuah masjid di mana episode penelitian, dikelilingi oleh sisi dengan kamar banyak untuk akomodasi mahasiswa disebut portico, dihuni oleh siswa masing-masing sisi satu negara, ada galeri Hamyin, dan ruang depan dari Maroko, dan ruang depan Turki, dan ruang depan dari Sudan, dan sebagainya. Al-Azhar siswa masih sampai hari ini, mengambil gaji bulanan dengan studi mereka bebas dari wakaf keuntungan, yang berhenti di Al-Azhar siswa ilmu pengetahuan.

Kepala sekolah dari para ilmuwan terbaik dan paling terkenal. Guru tidak mengambil di jantung Islam dibayar untuk pekerjaan mereka. Setelah peradaban yang telah berkembang, dan membangun sekolah, dan berhenti hibah-nya, yang membuat gaji guru, bervariasi sesuai dengan sekolah-sekolah negara besar dan kecil dan hibah, tetapi dalam hal apapun tidak cukup, guru untuk menjalani kehidupan yang baik. Tidak duduk untuk mengajar hanya melihat nya Senat efisien. Sistem ini pertama di era Islam, Sheikh yang memungkinkan siswa untuk dipisahkan dari loop, dan pembentukan sebuah episode khusus, atau untuk mempercayakan sebuah seminar yang dipimpin oleh dia setelah kematiannya.

Sekolah jenis; cocok sekolah untuk pengajaran Al-Qur'an dan interpretasinya, menyimpan, dan membacanya, termasuk sekolah-sekolah untuk berbicara pada khususnya, dan dari mereka - yang paling - sekolah yurisprudensi, itu semua doktrin sekolah yurisprudensi sendiri, termasuk sekolah medis, termasuk sekolah untuk anak yatim. Al-Naimi, dalam bukunya (mahasiswa dalam sejarah sekolah) - salah satu ulama AH abad kesepuluh - nama sekolah di Damaskus, di mana hanya tujuh sekolah dari Al Qur'an, dan berbicara sekolah enam belas, dan Qur'an dan berbicara bersama tiga sekolah, dan Fiqh Syafi'i Enam puluh tiga sekolah, dan yurisprudensi Lima puluh Hanafi-dua sekolah, dan empat sekolah yurisprudensi-Maliki, dan Hanbali sekolah yurisprudensi sebelas, ini bukan sekolah medis dan ilmu-ilmu lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar